Skip to main content

POPULER

[tdnewsticker][label=recent][posts=5]

Cara Mengirim Surat via Email

      Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari komunikasi. Komunikasi sangat penting agar dapat saling terhubung dan memberikan informasi kepada orang lain. Salah satunya melalui surat. Surat merupakan sarana untuk berkomunikasi dalam bentuk tulisan. Bentuk tulisan dalam sarana komunikasi membuat pesan dapat disampaikan dengan jelas dan dapat dipahami. 
    Seiring dengan perkembangan teknologi, kita tidak perlu lagi mengirimkan surat lewat kantor pos. Kita juga bisa menggunakan email (surat elektronik) sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Salah satu email yang umum digunakan adalah Gmail. Gmail adalah aplikasi dari Google yang bisa digunakan untuk mengirimkan surat tanpa batasan waktu dan tempat.

        Kita bisa mengirimkan surat melalui Gmail dengan cara sebagai berikut.

Langkah pertama: Membuat akun
  • Pertama. buka situs gmail.com pada browser Anda.
  • Kemudian login atau buat akun Google Anda. 
  • Jika belum memiliki akun Google, kita dapat membuatnya dengan mengklik tombol "Buat Akun".
  • Isi data yang diperlukan untuk membuat akun seperti nama depan, nama belakang, nama pengguna (diakhiri @gmail.com) dan sandi. Jika sudah, klik berikutnya.
  • Setelah itu, isi data akun yang terdiri atas nomor telepon (opsional), alamat email pemulihan (opsional), tanggal lahir, dan gender. Jika sudah, klik berikutnya.
  • Kita diarahkan ke halaman yang berisi privasi dan persyaratan, kita harus membacanya dan menyetujuinya. Jika sudah, klik "Saya setuju". Proses membuat akun telah selesai.
  • Kita akan diarahkan ke tampilan halaman seperti ini.

Langkah kedua: Menulis dan mengirimkan surat
  • Klik tombol "tulis" di sisi kiri layar.
  • Tentukan penerima yang akan dikirimi surat. Jika sudah ditentukan, tulis alamat email yang akan dituju pada kotak kepada (to). Anda juga bisa menambahkan cc dan bcc pada surat yang akan dikirim.
  • Tuliskan subjek dan isi surat. Anda bisa menyesuaikan isi surat dengan menambahkan gambar, dokumen, dll.
  • Jika sudah diisi, klik tombol kirim.
  • Pesan sudah terkirim ke alamat email tersebut. Proses selesai.
    Demikian cara untuk mengirimkan email melalui Gmail. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin berkomunikasi lewat surat elektronik (email).

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Wihh mantap sekali tutorial nya kak Jason, mau nanya dong kalau misal gagal dalam mengirim pesan melalui email, apakah ada solusi lain? Atau apa solusi untuk mencegah kendala pengiriman email?

    BalasHapus
  2. wahh, tutorial yang keren banget. aku mau nanya, apakah dalam mengirim surat di email ada batasan ukuran file yang dikirim? apakah file video yang cukup besar bisa jg dikirim melalui email? dan jika tidak, apa solusinya? 🙏🙏

    BalasHapus